Seri Pola atau Shoe Grading

satelah pola awal "pola master" di buat atau menjadi sebuah sempel dan di order, maka hal yang harus di lakukan adalah seri pola atau Patern Grading .

Biasanya standar size untuk woman di indonesia adalah dari size 36-40 dan untuk standar man size di indonesia dari size 38-43. secara keseluruhan pergeseran size dari size per size secara keseluruhan adalah 6,6mm. itu yang biasa saya garap di beberapa brand local maupun brand internasional di indonesia. 

Setiap bagian pola yang akan di seri harus berdasarkan bentuk secara keseluruhan dari pola master. misalakan pola master atau pola yang di buat sempel adalah size 37 maka pola berikutnya yang harus di buat adalah size 36,38,38,40 untuk woman.

Dalam pengukuran seri pola harus beradaptasi dari pola master, di sesuaikan dengan berbagai kebutuhan atau berbagi jenis pola seprti Vamp, Toung, Back counter, Insole Outsole dan berbagai componen lain-lainnya.  pergeseran dari garis awal ke garis akhir dan putaran dari setiap garis harus berdasarkan dari Garis As atau garis tengah dari shoelast. disinilah fungsi utama Garis As yang di buat dari setiap pembuatan pola digunakan. sebenarnya metode yang dilakukan sangatlah sederhana tapi pasti.

 Secara keseluruhan pergeseran panjang dari size ke size adalah 6,6mm dan pergeseran lebar dari size ke size adalah 2mm. Lihat gambar di atas untuk hasil akhir dari pergeseran size ke size dari hasil keseluruhan seri pola. 

semoga bermanfaat untuk menambah pengetahuan dari pengalaman jangan takut untuk mencoba dan jangan sungkan untuk bertanya...

Good Luck..!!!