Lady Gaga sempat mempopulerkan sepatu tanpa heels, begitu juga Katy Perry dengan sepatu multiwarnanya. Masih banyak lagi selebriti yang sukses mempopulerkan model sepatu khasnya di sepanjang 2011. Seperti yang dikutip dari MTV Style, ini beberapa di antaranya.

1. Sepatu dengan 'Color Block'
Color block merupakan salah satu tren yang paling diminati oleh para pecinta mode, termasuk Katy Perry. Saat menghadiri MTV Video Music Award, Katy mengenakan sepatu platform karya Giuseppe Zanotti. Sepatu dengan kombinasi warna pink, biru dan kuning itu pun membuat banyak orang jatuh hati.

2. Studded & Spiked Shoes
Sepatu dengan aksen paku yang identik dengan aliran musik Punk ini tidak lagi terlihat menyeramkan di tangan Christian Louboutin. Rose McGowan dan Olivia Wilde berhasil membuat sepatu ini sebagai salah satu sepatu paling populer di 2011. Rose tampil gaya dalam warna silver sementara Olivia memilih warna emas.

3. Combat Boots
Siapa yang tidak kenal dengan sepatu Doc Marten? Sepatu boots dengan aksen tali ini sangat populer di tahun 90-an. Pada 2011 ini, Jessie J dan Willow Smith sukses membawa kembali tren tersebut dengan cara yang berbeda. Jessie J memilih boots berwarna emas, sedangkan Willow Smith, tampil unik dengan boots penuh detail.

4. Sepatu Platform
Banyak penyanyi yang mengenakan sepatu model platform dalam aksi panggungnya. Hak datar yang nyaman, membuat penyanyi Azealia Banks, Kerli dan Robyn memakai untuk melengkapi penampilan mereka.

5. Sepatu 'Binatang'
Awalnya para pengamat fashion menganggap bahwa sepatu ini hanya pantas dipakai ke pesta Hallowen. Tetapi sepatu 'kaki singa' karya Christian Louboutin yang dikenakan Blake Lively mampu menyita perhatian publik. Selain itu, Jeremy Scott juga sempat merilis sepatu sneaker yang dihiasi kepala binatang. Sepatu ini merupakan hasil kolaborasinya dengan brand olahraga, Adidas.

6. Sepatu Tanpa Heels
Sepatu ini menjadi populer sejak dipakai Lady GaGa. Namun sebenarnya, sepatu ini telah ada sejak 1930-an dan dibuat oleh desainer asal Prancis, Andre Perugia. Di 2011, banyak sekali selebritis yang mengenakan sepatu dengan platform yang tinggi di bagian depan dan tanpa heels di bagian tumit. Mereka adalah Audrina Patridge, Daphne Guiness dan Nicole Scherzinger.

7. Sepatu Slip-on
Sepatu slip-on memang sangat nyaman dipakai. Tahun ini, sepatu model tersebut naik daun saat bertransformasi menjadi oxford shoes. Walau sederhana, sepatu slip-on bisa terlihat mewah dengan detail berlian, seperti yang dikenakan Kanye West dalam acara CFDA Fashion Award. Alexa Chung juga terlihat gaya saat mengenakan sepatu slip-on bermotif wajah kucing karya Charlotte Olympia di karpet merah.

8. Sepatu Dildo
Di tahun 2011, Lady GaGa yang terkenal dengan gaya berbusananya yang unik dan kontroversial, kembali membuat publik tercengang dengan mengenakan sepatu dildo. Sepatu dengan hak berbentuk dildo tersebut, ia kenakan saat menjadi juri tamu di acara American Idol.

[Joko-Sugiono]