TAHAP AWAL HARUS MENENTUKAN TINGGI HEELS DAN PLATFORM

Pembuatan heels dengan platform haruslah di sesuaikan dahulu dengan  Shoelast, tinggi heels dan tinggi platform.
Nah untuk platform kita bisa dapat di toko toko pejual pralatan sepatu ada banyak di harco mangga dua jakarta atau pesan langsung di splyernya langsung. ada banyak jenis bahan platform yang di jual di toko.
Catatan yang paling penting adalah setelah dapat platform dan heels yang di inginkan dengan tinggi yang di mau, barulah kita develope Shoelas.
Agar terbentuk sebuah keseimbangan, desain yang istimewah dan tinggkat kenyamanan yang pas.
jangan smapai shoelast dulu baru setting platform dan heels.
Terkecuali kita buat sendiri platformny, banyak dari pengrajin yang sangat memaksakan dengan shoelast yang sudah ready baru mrncari heels dan platform ke toko itu kesalah besar.
Saya ambil contoh misalkan saya membuat heels 16cm dan platform 6cm.



 Ada beberapa sistem penarapan platform yang di desain di beberapa jenis sepatu/sandal,
 ada platform yang langsung ke lastting dengan upper,  platform yang di simpan di bawah middsole di atas outsole dan ada platform yang di simpan di bawah outsole nah dengan format yang di simppan di bawah outsole atau yang di sebut platform gantung, dengan sistem ini kita harus membuat duable outsole karna setelah platform kita harus membuat outsole lagi..

Sistem platform langsung

Sistem platform dibawah midsole
Sistem platform di bawah outsole "platform gantung"
     Setlah semua material siap settingan antara heels, shoelast dan platform sudah ok, baru kita lanjut ke desain bagian Upper terserah kita mau di arahkan ke sepatu maupun sandal bahkan mau dibuat boot sekalian terserah keinginan kita mau desain.
Itulah sedikt ilmu dan pengalaman yang bisa saya bagikan ke para pencinta alas kaki khususnya buatan lokal hand made.. selamat mencoba, semoga bisa berguna dan menabah pengalaman
Good luck....