Pelanggan merupakan salah satu pilar paling penting dalam kemajuan suatu perusahaan, tanpa pelanggan/pembeli dapat dipastikan suatu perusahaan akan bangkrut walaupun mempunyai produk yang baik. Oleh sebab itu maka suatu perusahaan harus menjaga hubungan yang baik dengan para pelanggannya atau pelanggan tersebut akan kabur dan memilih pindah ke perusahaan yang lain.
Untuk menjaga hubungan dengan pelanggan ini bukan merupakan hal yang sederhana dikarenakan tiap pelanggan itu memiliki karakter dan kebutuhan yang berbeda, sehingga seharusnya perlakuan untuk setiap pelanggan pun seharusnya disesuaikan dengan karakter dari pelanggan tersebut.
Saat ini banyak sekali software yang berfungsi untuk mempermudah dalam memanajemen data-data pelanggan sehingga suatu perusahaan dapatlebih muda membangun database pelanggan yang kuat dan berguna untuk kemajuan perusahaan tersebut. Software tersebut ada yang gratis atau pun berbayar, tinggal disesuaikan dengan tingkat kebutuhan dan budget yang tersedia. salah satu software manajemen pelanggan yang bersifat open source dan gratis adalah vtigerCRM.


Perusahaan mungkin mendapatkan data-data calon pelanggan dari sebar brosur, kuesioner, event dan lain-lain. vtigerCRM menyediakan fasilitas untuk memasukan informasi data mentah calon pelanggan tersebut untuk diolah lebih lanjut karena mungkin tidak semua data calon pelanggan tersebut potensial.
Pengolahaan data calon pelanggan tersebut bisa dilakukan dengan cara memberikan kuesioner ataupun dengan menelponlangsung atau bisa juga dengan mengirimkan email dan diharapkan akan didapat data-data yang lebih detail tentang calon pelanggan tersebut
Setelah itu masuk ke tahapan selanjutnya yaitu tahap campaign atau menawarkan produk kepada pelanggan tersebut mungkin dengan cara mengirimkan email penawaran produk atau dengan menghubungi langsung lewat telepon. Setelah melalui proses penjualan maka dilanjutkan dengan tahapan setelah penjualan atau after sales service. Tahapan ini sangat penting untuk menjaga agar pelanggan tidak pindah ke kompetitor.
Di vtigerCRM juga disediakan fasilitas untuk menangani komplain dari pelanggan yang dinamakan Trouble Tickets. Disitu bisa dimasukan informasi tentang jenis komplain, priority dan severity nya berikut solusi yang dilakukan dalam mengatasi komplain pelanggan tersebut.
Untuk selengkapnya silahkan anda mendownload vtigerCRM dan menggunakannya, selamat menjaga hubungan baik dengan pelanggan anda sebab :
" Pelanggan adalah raja "

[My-Blog's]