VIVAnews - Aktivis dari Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI) merupakan demonstran pertama yang mendatangi gedung DPR di Jalan Gatot Subroto, Jakarta, Jumat pagi 30 Maret 2012. Aktivis GMNI menggelar aksi teaterikal yang membuat arus lalu lintas tersendat.

Pantauan VIVAnews, sekitar 30 orang aktivis GMNI menggelar aksi teaterikal menolak kenaikan harga BBM di sisi samping depan gedung DPR. Dalam aksinya, demonstran melumuri tubuhnya dengan tanah liat.

Demonstran GMNI yang melumuri tubuh dengan tanah liat itu dalam posisi merayap di atas aspal di bahu Jalan Gatot Subroto. Mereka tidak berjalan kaki, tetapi melata di atas jalanan.

Di sela aksi, aktivis juga berorasi meneriakkan yel-yel dan penolakannya terhadap rencana pemerintah yang menolak kenaikan harga BBM. Sekitar 10 personel polisi khusus berjaga aksi yang membuat arus lalu lintas tersendat itu.

Aksi ini belum membuat kemacetan panjang ke arah Slipi, Jakarta Barat. Tetapi membuat arus lalu lintas yang semakin siang semakin padat itu menjadi terhambat.

Massa kedua yang datang ke depan gedung DPR adalah massa dari Partai Kebangkitan Nasional Umat atau PKNU. Beberapa aktivis dari PKNU sudah bersiap di depan gedung DPR. Mereka menyiapkan kendaraan pengeras suara untuk berdemo.

Hari ini rencananya ada sekitar 12.000 demonstran akan mengepung Jakarta. Sebagian besar lokasi yang menjadi target demo adalah gedung DPR dan Istana Presiden.

[My-Blog's]